Tips Pilih Jupiter Z lama Untuk Road Race

No comment 78869 views

Jpeg

Para rider..., motor apa yang paling enak buat balap road race..??? yups... anak kecil yang gak tau balap pun tentu akan jawab Yamaha Jupiter Z lama, tapi paling nggak dia pernah nonton road race lah.. haha maksa.. , lanjut..., ya,Yamaha Jupiter Z lama bagaikan bunga desa di jagad balap nasional, bagaimana tidak, di segala ranah balap, Jupiter Z lama cukup dominan. Lihat saja, di balap berliku yang kita cintai ini, di lintasan adu lurus atau drag bike, di balap becek dan berlumpur seperti grasstrack, semua pilih motor yang iklannya dibintangi oleh komeng ini. Si komeng pun masih setia bantuin garpu tala jualan, apa lagi doi udah jadi icon sejak 10 tahun lalu. Kita tinggalkan si Komeng, lanjut soal Jupiter Z lama. Kuda besi yang kalau di Jakarta disebut Jupiter burung hantu itu kian diburu oleh para pelaku balap. Jarak antar sumbu roda sangat ideal untuk melibas tikungan yang jaraknya berdekatan di ranah adu ngesot, baik kejurna maupun kejurnas. Mesin standartnya punya bore dan stroke yang ideal untuk trek-trek pendek, terlebih lagi rangkanya lebih enak dibuat nikung. Makin cinta lah... pokoknya para pembalap yang baru belajar maupun mereka yang sudah terjun lama.

Singkat cerita.., motor ini kan sudah tidak diproduksi lagi, lalu bagaimana bila ingin bangun motor balap dari Jupiter Z yang terakhir ada di Dealer tahun 2009 itu..??? gampang... cari saja bekasnya... toh ada banyak.., masak ya.. mau cari yang baru... bisa tertawa ngakak.. nanti orang dealer. Namun apakah semudah itu...? tentu tidak... butuh trik khusus agar bisa dapat motor bekas namun masih segar. Ok mulailah dengan perburuan sederhana, kita bisa cari motor dijual di internet, di showroom motor bekas maupun yang terdekat, misal punya tetangga yang mau dijual maupun lewat makelar kendaraan bekas.

Tulang belulang Jupiter Z, paling nimat diajak rebah

Tulang belulang Jupiter Z, paling nimat diajak rebah

Cari dimana pun syah..., asal suratnya lengkap dan legal. Terpenting adalah soal fisik. Pertama, pastikan motornya utuh, maksudnya adalah motor dalam kondisi utuh dan bukan bekas balap, maupun bekas modif gaya alay yang biasa dilubangi bagian sana sini, pastikan box filter udara masih ada, intinya semua harus lengkap. Karena itu menjamin bahwa motor belum diapa-apakan, terlebih bila bangun bebek Spek MP5 atau MP6 maka sampean butuh Jupiter yang masih perawan. Kedua adalah tes jalan, pastikan enak dibuat lurus atau nikung, dalam artian rangka tidak tesara miring seperti bekas jatuh. Pastikan juga mesinnya tidak kasar, selanjutnya tawar harga, pastikan harganya wajar sesuai harga motor bekas, dan harga juga akan dipengaruhi tahun pembuatan dan kondisi bagus atau tidaknya sikuda besi. Carilah tahun yang semuda mungkin, misal 2007 atau 2008.. karena itu akan mempengaruhi usia part pada motor. Ohw ya.. jupiter ada 2 macam, yakni velg palang dan velg jari-jari. Paling praktis pilih yang jari-jari, jadi tinggal ganti velg almunium sama jari-jari, syukur-syukur kalau trmolnya belum cacat.[Rudi221]

author