Membahas Ergonomi, Tujuan Jok Ambles dan Tinggi Rendah Stang

Melihat fisik motor balap, terkadang kita yang tidak ngerti maksud dan tujuan sebuah perubahan seperti.. Kenapa stang ada yang tinggi ada yang nunduk, lalu kenapa jok dibuat tenggelam rendah, spatbor depan disunat dan lain sebagainya.. pastinya akan penasaran dan bisa salah persepsi atas opini sendiri.

Ok kita jelaskan untuk 3 poin yang banyak ditanyakan ya guys.. cekidot

Kenapa Jok-nya ambles..? 

Sebenarnya tidak ada sebuah seharusan tentang posisi jok.. mau tetap posisi asli mau berbentuk datar seperti di gambar tak ada masalah, semua hanya soal kenyaman dan pilihan. Cuma kebanyakan pembalap sekarang suka ergonomi duduk yang datar, bahkan trend ini tak hanya di bebek tulen macam Yamaha Jupiter Z road race, bebek ayam jago seperti Honda Sonic 150 dan MX King juga kena wabah yang sama.

Apakah Stang Road Race itu Harus Rendah Nunduk..?

Tentu tidak, bahkan kalau di Kejuaraan Road Race Malaysia, kebanyakan pakai model stang tinggi. Kalau Road Race di Indonesia tempo lawas, memang suka stang rendah, tapi kebanyakan sekarang lebih suka posisi sedang maupun tinggi. Artinya yang model rendah sudah ditinggalkan. Apa sih tujuannya..? tak lain tak bukan adalah soal kenyamanan handling. Maka jika kita lihat RX KING atau Kawasaki Ninja turun di Road Race kelas Sport 2 Tak, hampir gak satu pun yang pakai stang jepit rendah. Semua pakai stang duduk model fatbar.

Kenapa Spatbor Depan Disunat..?? 

Untuk yang ini jawabannya sangat sederhana. Tujuannya agar bagian ujung pinggir depan aman dari resiko gesekan oleh tepi ban. Tapi sebenarnya tidak dipotong pun tidak masalah.

Nahh... sudah tau ya guys, semoga  bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kalian seputar balap road race di Indonesia... 51mbah

author