Ban Balap Road Race Hanya ada 1 Ukuran 90/80 17, Alasannya..?

Bagi yang awam mungkin penasaran, kenapa ban untuk balap road race dalam hal ini adalah bebek 150 cc ke bawah hanya pakai 1 ukuran ban, sementara size velg nya beda-beda..? Simple sebenarnya, motor bebek untuk balapan tipikal trek di Indonesia baik sirkuit dadakan maupun permanen, tidak butuh ban yang beragam ukurannya. Apa lagi motor bebek tidak butuh velg yang sangat lebar seperti hal nya pada motor sport.

Maka ukuran ban di balap road race Nasional hanya ada 1 yakni 90/80 -17. Karena ukuran velg bebek, taruhlah macam Supra 125 dan Jupiter Z adalah 140 dan 160 belakang, yang dimana misal dipasang ban 90/80 depan belakang sudah cukup pas. Sehingga cukup satu ukuran saja, tidak perlu ban ukuran di atas atau di bawahnya. Jika pun belakang pakai velg 1.85 inci ban 90/80 pun tetap masuk.

Lagi pula kodratnya balap bebek tidak butuh ukuran ban yang beda-beda untuk depan belakang karena bobot dan ukurannya yang mungil. Beda untuk bebek MX King atau Supra GTR yang dipakai di ajang ARRC dimana size velg dan ban adalah mengacu pada size yang dipakai di balap MotoGP untuk kelas Moto3. Nah itu ya guys, semoga berguna.. 51mbah

author