Yamaha Jupiter Z 5TP, 1 Motor Bisa Main Banyak Kelas..?

No comment 217 views

Sejak era New Suzuki Shogun 110 mundur di 2005, Yamaha Jupiter tipe Z atau mesin 5TP yang lahir sejak 2003 adalah motor balap road race sejuta umat yang paling banyak dipilih. Meskipun era karbu sudah berganti wajib injeksi untuk Kelas Kejurnas, tapi Yamaha Jupiter Z masih paling tinggi populasinya untuk balap level event di bawah kejurnas, seperti Kejurda, Kejurprov dan semacamnya.

1 Motor pun sering kali dipakai main untuk lebih dari 2 Kelas. Kelas apa saja yang bisa diikuti dengan seekor Jupiter z ini..? Banyak ya guys. Misal sebuah Jupiter Z ini speck nya adalah Bebek 4 Tak Tune Up 125 cc. Maka pas turun balap, tidak terbatas mendaftar untuk 1 kelas saja, melankan bisa main lebih dari 1 kelas. Dan inilah beberapa golongan kelas yang bisa diikuiti dengan hanya satu motor saja.. untuk jelas kelas Tune Up. cekidot..

  1. Kelas Bebek 4 Tak Tune Up 125 cc Open
  2. Kelas Bebek 4 Tak Tune Up 125 cc Pemula
  3. Kelas Bebek 4 Tak Tune Up 125 cc Lokal Kota atau Karesidenan
  4. Kelas Bebek 4 Tak Tune Up 125 cc Lokal Provinsi
  5. Dan bisa saja muncul nama kelas lainnya yang memungkinkan diikuti Jupiter Z 5TP speck Tune Up.

Hanya saja paling ideal 1 motor amannya ikut 2 kelas saja, karena terlalu banyak kelas yang diikuti, sangat beresiko untuk ketahanan mesin, diikhawatirkan akan jebol. Kenapa 1 motor nekat ikut sampai 3 kelas..? simple alasannya, di balap Club event umumnya jumlah lap adalah pendek, jadi masih aman untuk ketahanan mesin.

Bahkan paling ekstrim untuk Jupiter Z speck Tune Up 125, bisa ikut turun di kelas 150 Tune Up Open, asal sebuah kelas tidak mewajibkan mesin herus jenis tegak maupun injeksi. Untuk Speck mesinnya seperti apa..? Ikuti terus artikel kami. 51mbah

author