SUZUKI Kemana, Kenapa Hampir Tak Terlihat di Balap Nasional..?

Pertanyaan sejuta umat sering menghampiri kami, kenapa merk satu ini sangat jarang ditemukan di balapan level Club Event atau kejuaraan tingkat Provinsi, lebih lebih di kejurnas.. sepi aksi coy..? Tetap ada kok, hanya saja mungkin segelintir dari total keseluruhan populasi yang kebanyakan  lebih pilih Honda dan Yamaha.

Versi  opini kami, ada 2 poin alasan yang membuat Suzuki jarang  dipakai balapan. Dan 2 poin ini semoga bisa menjawab penasaran kita semua. cekidot..

Kelas Bebek 4 Tak 150 cc Injeksi Suzuki Punya apa..?

Di golongan kelas ini jelas Suzuki punya Satria 150 FU FI atau Satria Injeksi. Tapi kenapa hampir gak terlihat ikut balapan..? sebuah alasan real adalah, para pelaku balap tidak punya alasan kuat untuk pakai FUFI untuk jadi motor balap andalan. Padahal sejatinya motor ini punya power yang tergolong paling jempolan di kelasnya. Sayangnya orang harus mikir-mikir ulang jika ingin bangun motor dari basis FUFI mengingat riset yang sudah berjalan dan ketersediaan spare part racing di pasaran adalah Honda dan Yamaha yang paling siap. Terlebih lagi, apa sih motor yang dikembangkan oleh mayoritas mekanik unggulan Indonesia untuk balap..? Sudah pasti Yamaha dan Honda mengingat kedua nama itu banyak tim balap Nasionalnya yang tentu jadi percontohan level privater di bawahnya. Kemudahan part dan teknologi riset yang sudah berjalan membuat pelaku balap di kelas 150 terfokus pada 2 pilihan yakni anatara Yamaha MX King 150 dan Honda Sonic 150 saja. Dan FUFI hanya sebagai opsi pilihan terkahir dibanding keduanya.

Kelas Bebek 4 Tak 125 cc Injeksi Suzuki Punya apa

Jika Honda punya BLADE 125 fi, SUPRA 125 PGM  FI dan Yamaha Punya Jupiter Z1, lalu Suzuki punya apa..??

Satu catatan penting untuk Z1, memang sih bukan 125 cc melainkan basic asli adalah 115 cc lebih tepatnya 113,7 cc yang di Bore Up menjadi 125 cc saat turun balap. Pun begitu di balap Road Race Populasinya mungkin lebih banyak dibanding Honda Blade 125, karena gimana pun Yamaha tergolong Pionirnya balap motor Road Race Trek dadakan dibanding Honda.

Dan, Kita pun akan dibuat mikir panjang untuk pilihan dari Suzuki. Apa pilih Shogun 125 fi versi lawas kah, Suzuki Shooter 115 kah, atau Shogun Axelo 125..? Paling nyrempet sebenarnya adalah Shogun 125 fi yang sudah lama Stop produksi. Namun ada alah satu yang punya potensi untuk terjun di kelas 125 cc adalah andalan jualan Suzuki terkini untuk bebek di rentan 110 cc kini adalah New Smash fi yang punya kapasiatas 113 cc. Sayangnya motor yang satu ini hampir tak terlihat di balap nasional. Bukan hanya di balapan, populasi di jalan raya juga tergolong sangat sedikit.

Jika disimpulkan singkat adalah karena minim peminat.. Udah itu aja intinya. Satu lagi, perwakilan pabrikan ini juga lama tak terjun di balap nasional sehingga citra mereka jadi kurang memikat. Nah seperti  itu ya guys kira-kira, semoga jadi pencerahan bagi yang penasaran.. Semoga bermanfaat.51mbah

author