Nomor Start Bentuk Aneh Bisa Bingungkan Panitia Lomba

No comment 11727 views

Nomor start adalah ciri khas, jangan sampai susah dikenali karena bentuknya rumit dalam gambar|3 Pembalap SHAKESPEARE Lamongan

     Para rider sekalian.., kini trend di road race yang paling menonjol adalah bentuk nomor start dengan beragam tema dan motif. Angka-angka yang nempel pada motor balap ini menjadi ciri khas seorang pembalap. Tak jarang ada tokoh kartun muncul disana. Font angka yang domodifikasi dalam berbagai bentuk menjadi salah satu trend yang kini berkembang di ranah balap motor Indonesia.

     Namun sayangnya, pembuatan nomor start yang banyak corak warna, ternyata cukup menyulitkan panitia lomba. Terlebih pada event road race tingkat daerah yang sistem lombanya masih menggunakan model konvensional tanpa transponder atau sensor catatan waktu di tiap lap.

#48 Sakti Andre/Blitar, Nomor start simpel, terang dan jelas, mudah dilihat

     Berdasar pengamatan tim #221 di lapangan, ternyata para pengawas lomba, khususnya panitia yang mengurusi start dan finish pembalap tak selalu bisa jelas melihat nomor start pembalap. Kenapa..? karena ternyata, bentuk nomor start yang terlalu dibuat-buat justru malah susah dikenali, dan menyulitkan penglihatan panitia.

    Bahkan tak jarang seuasi finish, pembalap dengan nomor start yang kurang jelas, dicegat panitia dan ditanyai untuk data finish “berapa nomor startmu..?” ini tentu sangat lucu. Namun pada kenyataannya, banyak pembalap membuat nomor start dengan asal-asalan yang banyak warna dan corak seperti trend yang berkembang saat ini.

     Agar tidak menyulikan pengawas lomba, maka buatlah nomor start dengan jelas dengan warna yang mudah dilihat dari jarak jauh. Ini mengingat, jumlah peserta balap yang ratusan, tentu panitia tidak bisa menghafal satu persatu meski setiap pembalap memiliki nomor start favorit mereka masing-masing. Gass…Rudi221

#51 Wibi Sakti/Yogyakarta, warna nomor merah terang, jelas dan mudah dilihat dari jauh

author