Misteri KOTAK KUNING, Fungsinya apa..?

No comment 593 views

Event road race yang butuh catatan waktu akurat, jelas harus pakai ini. Namanya Transponder, sebuah kotak kecil yang mungkin panjangnya sama dengan korek api ini adalah alat sensor pencacat waktu pembalap di tiap lap atau putaran. Kinerja alat ini adalah terhubung dengan komputer yang ada di garis start.

Bagaimana alat ini bisa terhubung ke komputer..??? Jadi gini guys.. ini bukan lantas semacam perangkat blutut pada hp ya..  tapi kinerja alat ini bisa sampai masuk data komputer adalah karena detektor yang terpasang di garis FINISH. Jadi ada semacam kabel SENSOR yang terpasang di area aspal untuk menangkap signal tiap Tranponder pada motor balap yang lewat.. langsung deh masuk ke komputer LAP TIME nya. Sehingga terekamlah catatan waktu semua pembalap di layar komputer dengan jelas.

Apakah semua event Road Race pakai Transponder..?? Tidak, hanya event-event tertentu saja, atau tergantung panitia nya mengingat alat ini kebanyakan bukan milik panitia tapi nyewa, sewanya pun tidak murah ya guys, bisa mencapai 10 juta per event. Kalau event sekelas Kejurnas jelas pakai sedang untuk event biasa, tidak tentu.. Nah itu ya guys, semoag bisa menambah wawasan bagi kita semua.. 51mbah

 

author