Mengintip Aksi 2 Motor Paling Tua Di Nite Race Jogja, Tornado & Force1

Motor Jadul, Aroma Kuat Nuansa Jaman Hendriansyah & Ahmad Jayadi

   Motor Jepang memang tak lekang oleh Jaman. Buktinya 2 jenis motor beda pabrikan ini tetap eksis balapan, meski tahun produksinya lebih dari 20 tahun silam. Material logam di motor Jepang lawas dipercaya lebih ampuh ketimbang motor-motor Jepang Sekarang. Dan jangan heran bila kuda besi Jepang berkeliaran di lintasan, tak terkecuali 2 species ini. Yuk cekidot…, inilah 2 motor misterius yang tertangkap kamera tim #221 saat event VSC Old & New Year Nite Race 2016 di Sirkuit Mandala Krida Yogyakarta.

Nuansa Kuat Jaman Jaya-Jayanya Suzuki Era 1996

Susuki Tornado GS, disinyalir produksi Tahun 1996 Sisa

    Secara fisik kuda besi kuning ini nampak biasa, ini adalah Suzuki Tornado GS 110 langsiran sekitar tahun 1996, mengingat tahun tersebut adalah tahun ramainya penjualan Tornado dan segera stop produksi setelah munculnya bebek 4 tak, Shogun 110 R.

Tornado Tim Suzuki Era Terdahulu "POETRA JAMBU"                          pic|fb|Bro"Shogun Axelo"

    Banyak hal janggal melihat ciri-ciri motor dan pembalap. Jarang ada orang niat sekali turunkan Suzuki di ajang balap, apa lagi ini motor lama dan tua. Kuat dugaan ini adalah kuda besi sisa-sisa jaman perjuangan era underbone 2 tak tahun 1990 s/d 2000 an. Bukti makin kuat karena ada tulisan “Putra Jambu” yang merupakan tim jadul era 1990 an.

Kuning, Warna khas di masa lalu era Suzuki berjaya tahun 1996 1997

    Tudingan selanjutnya mengarah ke pabrikan, ini terlihat jelas di wearpack & motor yang jelas-jelas membawa nama brand Suzuki. Inisial sang rider bernama #91 Wahyu, begitulah tulisan yang ada di wearcpack & helm, namun entah Wahyu siapa, karena belum sempat mengintrogasi lebih dalam. Ayoo.. bangkittt.. Suzuki... 😀

 

Yamaha Force1, Disinyalir langsiran Tahun 1990 – 1992

Tua tapi masih beringas, Tabung shock depan pakai punya saudara, Jupe Z

    Inilah cikal bakal dari Yamaha F1ZR, yang lahir di sekitar tahun 1990 – 1992. Yamaha Force 1, kuda besi tua ini aslinya masih menggunakan sistem pengereman depan tromol, dengan knalpot model konvensional lurus tanpa lekukan di gelembung dan cilincer. Namun Force1 yang tertangkap kamera tim #221 kali ini sudah banyak ubahan. Seperti halnya shock depan nampak menggunakan punya yamaha Jupiter Z, dengan modifikasi pengereman depan yang sudah menggunakan piringan cakram, dan shock belakang YSS Click. Sayang, jati diri sang rider belum sempat kami kenali.

Sempat fight bersama #48 Sakti Andre / Blitar

    Baik Tornado maupun Force1 ini, dua-duanya bertemu dalam 1 kelas, namun masih kalah bersaing dengan gerombolan F1ZR. Semoga di event selanjutnya bisa ketemu lagi dengan 2 sosok besi tua namun ampuh ini, agar interogasi lebih dalam bisa menjawab rasa penasaran kita semua.

     Yang masih punya Force1 & Tornado..!! jangan dibuang guyss… 😀 Mending dirawat buat balapan aja.. hahai… Gass polll bebek berasappp… Rudi221

 

author