Kenapa Ninja Jarang Dipakai Sementara Populasi RX-King Membludak..?

Basic Kawasaki Ninja 150 R Custom

Motor Sport jenis 2 Langkah apa yang paling banyak dipakai balap Road Race di Indonesia..? tak lain dan tak bukan adalah Yamaha RX - King 135 cc. Sementara kemanakah Ninja 150 R..?? ada kok banyak dipakai juga, hanya saja tak sebanyak jika dibandingkan dengan RX King. Apa sih alasannya..?

Sebelumnya kita jabarkan dulu tentang ruang kelas untuk Kawasaki Ninja 150 R, SS atau sejenisnya. Ninja masuknya adalah kelas Sport 2 Tak 150 Standar [untuk kategory kebanyakan adalah open] sedang kelas motor ngebul di balap Road Race saat ini ada 2 jenis yakni Sport 2 Tak 135 - 140 cc dan Sport 2 Tak 150 cc. Dan yang mengalami pertumbuhan peserta saat ini adalah kelas 135 - 140 cc. Terlebih kelas ini di pecah belah menjadi 2 jenis yakni Standar dan Tune Up. Paling sangar kalau di Jawa Barat ada kelas namanya RX King Pro. Sedang untuk kelas 2T 150 entah Tune Up atau Standar, populasi pengguna ninja tidak naik secara signifikan, terlebih ninja hanya bisa masuk di 1 jenis kelas yakni 150 cc.

Selain itu, Ninja 150 R / SS adalah termasuk bahan baku motor balap yang tidak murah yakni di rentan 18 - 20 jutaan ke atas. Sedang meskipun RX King harganya meroket, toh masih tergolong bisa dijangkau. Dan tak mesti pula pakai RX King, bisa juga pakai sejenisnya seperti RX K RX Special maupun RX - Z .. nah malah banyak pilihan tuh.

Satu lagi, dimensi body Ninja 150 lebih cocok main di sirkuit permanen. Sedang seperti yang kita tahu, event road race terbanyak adalah trek dadakan jalan raya. Tentu tolok ukur kita adalah secara menyeluruh ya guys, bukan hanya belihat trend di satu daerah saja. Nah itu ya guys.. semoga bisa menjadi bahan pengetahuan baru 51mbah

 

 

author