Kaki Matic Yamaha Nouvo Ternyata Berguna di Motor Balap Canggih Jupiter Z1, Alasannya?

Photo by|Deny Saputra

    Masih seputar pengintaian di sektor kaki-kaki motor balap bebek di Kejurnas Region 2, kali ini tim 221 pergoki penggunaan part langka pada motor balap Yamaha yang mayoritas dipakai tim Pabrikan di kelas Bebek 125 cc Tune Up. Yup.., ini adalah Yamaha Jupiter Z1 tunggangan #95 Sulung Giwa Yamaha BAHTERA Racing Team untuk kelas Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up [MP2].

    Secara tampilan mungkin umum seperti motor balap Yamaha Jupiter Z1 lainnya. Namun mari kita lihat di sektor kaki-kaki. Fokus amati tabung shock depan. Milik motor apakah itu..? yup... itu bukan shock asli dari Z1, melainkan itu adalah tabung shock milik Yamaha Nouvo tipe Z. Salah satu matic tenar Thailand yang juga sempat eksis di tanah air.

baca juga "velg satria nempel di honda selain privater dijamin gak akan berani lakukan ini"

   Lalu apa kira-kira tujuan dan fungsi pemakaian kanibal dari part motor lain ini..? secara dugaan dan analisa tim 221 pribadi, sepertinya ini mengarah kepada target untuk mendekatkan jarak antar sumbu roda. Apa tujuan dari memperpendek jarak antar sumbu roda. Begini.. di balap road race yang secara culture trek cepat ketemu dengan tikungan, dibutuhkan motor dengan gerak lincah cepat keluar masuk tikungan.

    Beberapa karakter motor susah fleksibel saat melibas tikungan. Ada kalanya mudah out saat masuk atau mudah melebar saat di tikungan, sementara kebutuhan untuk road race trek dadakan butuh tekukan fleksibel ketika ciptakan radius tikung yang lebih sempit dalam rangka cepat masuk dan keluar dari tikungan itu tadi.

    So... dengan penggunaan shock depan milik Nouvo Z ini, praktis nampak terlihat titik lubang as depan bergeser ke belakang mengikuti bentuk shock, artinya roda pun bergeser ke belakang. Alhasil sumbu jarak antar roda pun mendekat. Meskipun angka pergeseran hanya dalam hitungan mili, namun perubahan kecil ini sangat signifikan untuk menunjang kelincahan sang kuda besi. Jadi analisa singkat kami adalah, langkah ini dilakukan agar motor lebih lincah di tikungan. Semoga berguna... Rudi221

author