Honda NSR 150SP Wong KLATEN, Modifikasi Berlatar Belakang Penipuan di Sektor Kaki-kaki

Gemar nyentul.. Danang Kempleng sang penjinaknya pict by|Dayat Boyat

       Yang tahu atau pernah lihat Honda NSR 150 SP, sudah pasti segera protes bila lihat motor ini. Yupss.. bagaimana mungkin Honda NSR 150 SP punya model kaki tepatnya swing arm yang seperti begitu...? yup.. seperti yang banyak orang ketahui.. kuda besi sport 2T keluaran Honda ini sejatinya pakai swing arm.. model pro arm. Apa itu pro arm ? pro arm atau dalam istilah umum juga disebut mono arm adalah struktur lengan ayun model tunggal atau sebelah saja, sedang yang sebelah adalah kosong. Mirip motor matic ya guys..? mirip sih tapi beda. Daya topang pro arm ini memiliki kontur yang lebih melekuk-lekuk. Tidak sama dengan swing arm konfensinal yang lurus model "U" maupun model banana arm. Lebih lanjut soal istilah-istilah rumit tersebut kita bahas di next kesempatan guys..

    Menyoal bentuk Pro Arm yang tidak lurus, ini karena posisi gear rantai ada di luar dari swing arm yang model pro arm itu sendiri.. bingung..? aku yo podo wae bingung..!! 😀 jadi konstruksi pro arm itu sendiri tidak memungkinkan disc atau piringan cakram berdampingan langsung di pelaminan guys. becanda ben ra edan.., maksud kami berjajar dalam himpitan antara lengan ayun dan velg. Kontruksi rancang bangun kestabilan tidak memungkinkan hal yang demikian. Maka posisi gear ada di luar lengan ayun sedang cakram nya ada di dalam. Bentuk lengan ayun pun jadi berkelok. Bisa lihat gambar di atas.

   Soal kontruksi pro arm tersebut ada tonggak sejarahnya guys.. jadi bukan varian NSR SP ini dimulainya model pro arm. Namun Honda NSR 500 cc tahun 1990 an adalah tonggak sejarah atas teknologi lengan ayun tunggal ini. Bahkan di balap GP 500 era terdahulu model nya juga begitu.

    Lupakan soal sejarah panjang.. nggak habis-habis kalau diceritakan.. keasyikan cerita malah jadi lupa sama perilaku menyimpang wong Klaten yang satu ini. Yup.. ini adalah Honda NSR 150 SP asli adanya.. produk import dari Thailand guys langsiran 2003, tergolong tahun muda sih.. mengingat tahun 1998 sudah ada di Thailand dan baru masuk Jakarta tahun 2000. Jika kita ungkit sejarah masa lalu.. motor ini dulunya dijual oleh importir umum, jadi bukan ATPM guys.. NSR 150 SP bergaya tim balap Honda Castrol Thailand ini adalah milik mas Dony Wisudyoko Adji dari Klaten Jawa Tengah, sang juragan barang-barang atau part-part yang berkaitan dengan motor Thailand yang ada di Indonesia. Jadi, jika sampean kesulitan cari part-part motor Thai yang tergolong sulit dan langka, mas Dony ini cukup rekomended seller.

Mas Dony (kanan) sang juragan part CBU

     Kanapa tampilan SP milik mas Dony jadi seperti NSR 150 RR begini ya..? yup.. usut punya usut ternyata motor ini sudah alami banyak rombakan. Terutama di sektor kaki mata kita sudah ditipu dengan kaki palsu. Yups.. Pro Arm yang kita ceritakan panjang lebar di atas tadi sudah digusur dan tergantikan oleh swing arm milik NSR 150 RR.. apakah velgnya juga NSR RR..?? sekilas mirip guys.. tapi ternyata bukan. Itu adalah velg milik Honda NS1.. seperti apakah Honda NS1..?? cari di google guys.. yang pasti secara fisik mirip NSR SP namun lebih gemuk terutama bagian buritan dan hampir sama dengan yang dibuat GP era 125 cc nya namun Honda NS1 ini diproduksi masal.

fisik motor saat setengah telanjang

    Velg cantik palang 6 ini langsung dibalut ban FDR FR75 depan dan Corsa R46 untuk belakang.. anti kerut anti bocor pokoknya.. Alhasil motor ini lebih nampak seperti Honda NSR 150 RR dari pada NSR SP. Lantas dikemanakan tuh pro arm nya ya..? agak shokk juga saat kami tahu bahwa ternyata pro arm nya dijual.. padahal jika sampean tahu harga pro arm asli dari motor ini mendekati angka 9 jutaan bahkan lebih..

    Apa sih tujuan modifikasi ekstrim dan nyeleneh ini..? yup.. sang pemilik ini rupanya juga keranjingan balap. Banyak part di toko sehingga bisa modif sesuka hati dan pastinya barang pun tinggal pasang. Jika dilihat dari culture motif modifnya.. jelas sudah bahwa doi adalah remaja era 1990 2000 an tuh terlihat motif botol oli Honda Castrol Thailand dimana ini adalah livery yang tidak asing di era GP Sentul dan balap Asia kelas sport 150 cc. Kuda besi ini juga kerap mengaspal di Sirkuit Manahan Solo.. Sontak si putih livery kemasan botol oli terkenal ini paling jadi pusat perhatian di tiap latihan sore. Sesekali juga mengaspal di sirkuit Sentul Besar di atas kendali rider andalan Danang Kempleng.

   Secara keseluruhan, modifikasi ala mas Dony ini tergolong modif yang tidak murah. Terlebih objeknya merupakan Sport Honda 2 Tak paling langka dengan harga bekas yang bahkan sangat mungkin nilainya mendekati sebuah Kawasaki nija 250 baru. Modif wong Klaten ini pancen mantabzz.. Gazzz.. Rudi221

 

author