Hadapi Perang Sport Tune Up, RX King Samarinda ini Knalpotnya Kawin Silang Jogja Malaysia

Rider KALTIM #58 Budianto Komenk, lakukan tes di Sirkuit Kalan Samarinda beberapa waktu lalu

      Balap motor Region 4 Kalimantan khususnya KALTIM kini punya wajah unik untuk pembukaan kategori kelas-kelasnya. Yup.. meski ini bukan kelas utama.. namun greget balap road race jadi lebih menggigit. Dan selamat datang untuk kelas tempo jadul... Sport 150 cc 2 Tak Tune Up Open... apa sih beda kelas ini dengan kelas Sport Standart..? Tentu beda, kelas standart sangat membatasi penggantian part. Seperti contohnya, Magnet, Knalpot dan Karburator yang wajib asli bawaan motor. Sedang kelas tune up adalah kebalikannya, yakni boleh lakukan penggantian part-part tersebut.

     Di Samarinda mencuat ide dari salah satu EO untuk membuka kelas Sport 2 Tak Tune Up ini di event Road Race 19 Februari mendatang. Sontak... motor-motor aneh pun lalu lalang cari settingan di Sirkuit Kalan Samarinda. Mulai dari Yamaha Touch 125 Thailand, Yamaha RX-Z dan pastinya sang raja jalanan legendaris Yamaha RX King. Seperti Reza 27 th, punggawa dari Reza Jaya Motor Samarinda ini. Yup... doi lagi getol-gotelnya garap deretan kuda besi sport 2 tak tune up.

Yamaha RX-King 2005, yang sudah alami banyak rombakan sana sini

      Seperti salah satu garapannya yang satu ini. Yamaha RX King biru ini adalah tunggangan dari pembalap setempat #58 Budianto Komenk. Nampak biasa sih... tapi ada yang unik untuk racikan piranti pembuangan alias knalpotnya. Yup.. knalpot sangat penting dan besar pengaruhnya bagi power mesin di berbagai putaran baik atas maupun bawah. Untuk temukan power yang konstan.. Reza sengaja main akal-akalan kawin silang knalpot..

      Cukup kreatif.., untuk fisik knalpot bagian sekujur leher perut Reza pakai SMR buatan Yogyakarta, sedang untuk cilincer dipakailah produk negeri seberang yakni YY-Pang dari Malaysia. Itu.. tuh... knalpot mahal yang harganya bisa 1,5 juta lebih. Stttt... cilincer YY-Pang??? punya motor apa ya kira-kira..? usut punya usut.. cilincer ini adalah nyomot dari YY-Pang yang diperuntukkan motor bebek Yamaha 125 Z yang sangat familiar di jalanan negri Jiran hingga detik ini.. Kawin silang di sektor pembuangan ini tentu dengan dukungan penggantian part-part lain. Berikut detailnya... cekidot..!!

Pengapian : Yamaha YZ 125 

Membran : VF 2 KTM 

Karburator : Keihin PWK 38

Knalpot : SMR Jogja, Cilincer YY-Pang untuk Yamaha 125 Z panjang 22 cm 

Kaki-kaki:

Velg : Racing One 

Shock Blakang : YSS

by|Reza Jaya Motor 

Jl. K.H Wahid Hasyim No. 47a Sempaja, kota Samarinda, Kalimantan Timur

      Sebenarnya RX King biru garapan Reza ini punya tandem 1 lagi RX King warna hitam, yang sama-sama diracik Reza dan selalu setting bareng. Reza mengaku saat setting di sirkuit Kalan Samarinda, begitu duo King ini secara serempak bersamaan gantung RPM di tikungan dan buka gass... rauangan knalpot-nya mirip balap Underbone era 2000 an. "kemarin 2 motor itu setting bareng, dan selalu gandeng-gandengan, persis duel motor Underbone 2 Tak jaman dulu, tiap mau keluar tikungan selalu kedengaran gantingan RPM-nya" tutur Reza yang merasa sungkan pas setting dilihat oleh para pembalap lawas KALTIM. Yup.. meskipun ini sport.. namun aura raungan khas bebek underbone justru muncul.. maklum banyak part racing yang pengaruhi teriakan garangnya yang jadi mirip-mirip balap era bebek Underbone. 

    Next... sang pemilik janjikan kepada 221 untuk rekam video saat setting.. hemmm.. jadi makin penasaran raungan garang layaknya dengungan Tawon Ndas... 😀 So... tunggu  update berikutnya.. Rudi221

Penampakan knalpot kawin silang Jogja Malaysia

author