Benda Sepele Tapi Penting pada Motor Balap, Namanya Kawat

No comment 10093 views

Kawat penting jadi pengikat cilincer knalpot pada Honda Sonic 150 Astra Racing Team

     Mau pergi balapan..? pastikan kuda besimu dalam kondisi aman. Baut-baut jangan sampai ada yang kendor. Cek cek.. cek.. pastikan kencang semua. Sektor body maupun kaki-kaki, kontrol dengan teliti. Pada balapan nanti, kita tidak tau apa yang akan terjadi. Senggolah, gesekan antar motor, jatuh, hingga crash parah, semua itu bisa saja terjadi diluar dugaan nalar.

     Makanya pastikan semua dalam kondisi aman terkendali. Namun ternyata, meskipun baut sudah kencang semua, dan pengaman klem-klem atau pengikat sudah benar pada tempatnya. Ternyata itu belum cukup. Kenapa..??? yup.. motor balap punya tenaga mesin yang berlipat-lipat dari standard-nya. Getaran mesin yang cukup tinggi, bisa sja mengendorkan baut-baut yang tadinya kencang. Makanya harus super teliti.

     Mungkin benda yang satu ini nampak sepele bahkan tidak disipakan di bengkel kita. Yup.., namanya kawat. Benda sederhana yang memang bukan spare part balap ini tidak boleh terlupakan. Risiko baut lepas, knalpot lepas dan lain sebagainya, bisa tertolong berkat benda satu ini. Kawat sendiri punya peranan penting pada motor balap, untuk menjaga part-part seperti cilincer maupun leher pada knalpot, footstep dan lain sebagainya. Bahkan as roda pun tak jarang pakai pengaman kawat untuk menghindari mur pada as agar tidak lepas. Meski membuat tampilan terkesan jauh dari rapi, paling tidak kawat jadi penyelamat saat motor balap tunggangan terjadi gesekan, baik antar pembalap maupun aspal. So.. piranti yang sejatinya adalah barang dagangan di toko besi pun berguna penting pada motor balap. Gass... Rudi221

leher knalpot ke arah cilinder head tak luput dari kawat

author