Ban Gundul Untuk Road Race, Apa Gak Licin..?

No comment 261 views

Ban Gundul

 

Lebih tepatnya bukan Ban Gundul untuk sebutan ilmiahnya ya guys, melainkan lebih tepatnya adalah Ban Slick alias ban ala MotoGP trek kering only alias haram untuk hujan-hujanan. Ban gundul tanpa kembangan secara logis bagi orang umum mungkin akan bertanya, "apa nggak licin ban gak ada kembangannya begitu..?"

Tentu tidak ya guys, semua sudah diperhitungkan oleh pabriknya. Meskipun tanpa alur coakan alias kembangan, ban ini tetap nggigit banget ke aspal. Kenapa bisa begitu, tentu tak bisa disamakan dengan ban harian pastinya, Ban slick ini punya lapisan compound atau karet luar yang bersifat lunak dan soft, bukan berarti empuk banget loh ya.. Tapi compound ban ini memang dibuat agar lebih nggigit ke aspal. Maka sejatinya, jika dipakai hard breaking atau pengereman yang sifatnya keras, karet terluarĀ mudah terkikis atau terkelupas tipis.

Mau bermanufer se miring apapun, ban slick tetap aman, asal trek adalah kering. Kalo basah, tentu bukan jatahnya untuk ban tanpa kembangan.

Satu tambahan lagi, compound ban juga ada usianya ya guys.. Selama ban itu tahun produksi keluaran baru, maka sifat karet bagian terluar masih fungsional normal. Compound ban ini juga bisa mengeras dan tak layak pakai atau kadaluarsa jika kita salah beli stok ban lawas yang sudah lama terdiam bertahun tahun di gudang toko. Nah itu ya guys, semoga jadi pengetahuan baru bagi yang belum tahu. 51mbah

 

author