About #221

History Singkat 221RoadRaceIndonesia

     Roadraceindonesia.com adalah pengembangan dari media online dalam bentuk Facebook fanpage “Road Race Indonesia” www.facebook.com/indoroadrace. Awalnya adalah sebuah media berbagi info balap road race yang ada di Indonesia via Facebook fanpage. Dari ide iseng yang disertai sebuah keinginan besar untuk membuat dunia road race di Indonesia lebih hidup dan keinginan admin pribadi untuk membuat forum yang murni road race, maka terciptalah fanpage sederhana ini di bulan November 2011 yang awalnya menghimpun liker dari teman di akun Facebook admin.

Buah Dari Iseng

      Eksistensi fanpage ini awalnya adalah dari membuat status-status berkaitan dengan Jadwal balap Road Race, dan share gambar balap yang kami temukan di beberapa website yang kemudian kami olah dengan racikan kata yang kami kemas dalam bentuk edukasi syarat informasi serta sentuhan humor. Seiring berjalannya waktu, informasi-informasi yang kami bagikan tak hanya dari admin pribadi. Tapi para liker di beberapa daerah juga mulai berbagai informasi lewat inbox dan dinding Road Race Indonesia. Sehingga menjadikan informasi yang kami bagikan mencakup berbagai daerah, mulai dari wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.

Banjir Like di Penghujung 2014

      Di pertengahan tahun 2013, dimana usia fanpage ini masih belum genap 2 tahun, jumlah yang menyukai halaman ini mencapai 5000 orang lebih. Dari banyaknya jumlah liker inilah yang membuat admin makin sadar betapa fanpage ini semakin berkembang. Sempat membuat website roadraceindonesia.com, namun karena kurang konsisten dan belum punya feel untuk menulis artikel, membuat minim artikel dan tidak memperpanjang hosting hingga akhirnya web sempat mati. Selang satu tahun tepatnya di Agustus 2014, orang yang menyukai halaman ini mencapai 90.000 orang lebih. Konsep pengembangan yang admin lakukan adalah natural atau dalam versi Facebook disebut “organik” atau alami, yakni tanpa menggunakan promosi berbayar atau booster dari facebook. Ketika liker mencapai angka 100.000 lebih di awal 2015, maka admin putuskan untuk membuat website ini, dengan tujuan agar informasi yang disampaikan lebih lengkap.

"Spirit of Racing Journalism" Kami adalah media berita dari jurnalisme warga racing

       Adapun untuk berita yang termuat disini adalah berita berkonsep “Citizen Journalism” atau jurnalisme warga. Dalam 1 bulan ada puluhan pembalap dari berbagai wilayah regional yang minta diposting atau dipromosikan di fanpage Road Race Indonesia. Sehingga ini menjadikan kami memiliki hubungan erat dengan banyak pembalap road race, utamanya mereka yang datang dari daerah dan para pemula dari tim-tim kecil. Banyak kiriman gambar unik tentang road race dari para liker sehingga banyak hal unik yang kami himpun dan kemudian kami kemas dalam bentuk artikel di website ini.

Mulai Keluyuran di Peliputan Event

      Kini kami mulai berkembang ke peliputan langsung di event road race suputar Jawa Tengah & DIY. Wilayah lain belum dapat kami jangkau mengingat keterbatasan crew dan juga dana operasional. Kedepan Roadraceindonesia.com ingin menjadi media murni khusus road race yang bisa menjangkau semua wilayah di Indonesia. Untuk segala isi konten baik di web maupun fanpage merupakan kombinasi dari “jurnalisme warga” dan peliputan langsung.

221 Itu apa??

     221 adalah inisial dari huruf RRI atau singkatan dari Road Race Indonesia. Tak ada makna tersembunyi dibalik angka sederhana ini. Hanya saja kami ingin menjadi media yang benar-benar road race friendly, dimana “nomor” adalah ciri khas dari seorang pembalap.Rudi221